Arsip untuk ‘Pelajaran Kimia’ Kategori

Buku Kimia – Martin Silberberg

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 28 Agustus 2010
Buku kimia umum yang bisa dijadikan referensi tambahan memahami konsep-konsep kimia serta aplikasinya salah satunya adalah “Chemistry” edisi ke-empat terbitan McGraw-Hill. seperti pada postingan sebelum ini kita bisa mengakses sumber belajar yang bagus sekali ini.
Kita boleh saja secara gratis mengunjungi situs ini, dengan tautan pada situs resminya.
Dari situs tersebut kita menjumpai soal-soal latihan yang bersifat interaktif, animasi, gambar visual, flashcard, dan elearning sesion hampir di setiap bab. Total buku ini berjumlah 24 bab. Kita bisa menggunakan bab-bab yang bersesuaian dengan kurikulum yang kita gunakan untuk kimia setingkat SMA.

Referensi Buku Kimia SMA

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 27 Agustus 2010
rak bukuBuku-buku di Indonesia sudah cukup banyak dengan rentangan kualitas dari kurang bagus sampai bagus banget (menurut persepsi saya, toh saya sendiri belum bisa buat buku). Namun jika ingin lebih lengkap tentu kita boleh mengacu pada buku-buku terbitan penerbit terkenal semacam Willey, PrenticeHall, Pearson. Buat kita tentu buku-buku asing dari penerbit terkenal itu terbilang muahal… Ini disebabkan gak niat kuat dan gak merasa penting sih! Setidaknya dengan Googlebook kita bisa mengintipnya dan dapat mengambil beberapa halaman yang disediakan pratinjaunya. Yah lumayan lah.

Mengapa Ada Perkecualian dalam Menentukan Bilangan Oksidasi?

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 27 Agustus 2010
Reaksi reduksi-oksidasi (redoks) untuk tingkat SMA sebenarnya merupakan pelajaran yang tidak terlalu sulit. Awalnya tentu harus memahami aturan-aturan dalam penentuan “harga” bilangan oksidasi suatu spesi, baik atom, molekul, ion atau senyawaan lain.
Suatu ketika ada pertanyaan mengapa dalam pelajaran kimia banyak sekali dijumpai perkecualian. Termasuk dalam ketentuan harga bilangan oksidasi ini. Mengapa ada perkecualian untuk  menentukan bilangan oksidasi suatu unsur? Untuk menjelaskan hal ini, simak argumen berikut. Baca entri selengkapnya »

Tips Memanfaatkan Sumber Belajar Online

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 26 Agustus 2010
Fasilitas internet dengan bandwidth yang memadai, komputer dengan spesifikasi yang tinggi, saat ini semua itu sudah tersedia hampir di tiap sekolah. Bahkan di rumah-rumah atau warnet yang menjamur dan semakin terjangkau bisa dimanfaatkan untuk media mencari sumber belajar online. Para guru harus lebih kreatif untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Jangan sampai guru kalah dengan muridnya. Kita semua tahu murid-murid sekarang kecepatannya belajar menggunakan internet luar biasa.
Sumber belajar online dengan menggunakan Bahasa Indonesia jumlahnya sangat terbatas. Tetapi yang berbahasa asing banyak sekali. Untuk bisa memanfaatkannya kalau memang kita sendiri belum sanggup membuatnya sendiri, maka kita harus memahami bahasa yang digunakannya itu. Bahasa asing bagi kebanyakan siswa maupun guru merupakan kendala utama dalam pemanfaatan sumber belajar online ini. Berikut tipsnya…

Kimia di “About.com”

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 25 Agustus 2010
Situs About.com adalah situs yang berisi tentang suatu hal, apapun itu. Termasuk di dalamnya adalah tentang kimia. Topik atau bahasan kimia ini diasuh oleh Anne Marie Helmenstine, Ph.D.
Apa saja yang bisa kita jelajah di situs tersebut khususnya dengan topik kimia?
Di halaman utama situs Chemistry.about.com merupakan pelataran untuk memasuki tentang kimia lebih lanjut. Juga berisi beberapa artikel yang di tulis oleh Ibu Anne Marie yang merupakan tautan dari blog utama beliau. Yang menarik untuk saya adalah bagian tulisan-tulisan tentang “Hari ini dalam Sejarah Sains” kimia tentunya. Sebelumnya saya belum pernah membaca apa yang terjadi terkait kimia hari ini di masa lalu.

Modul Pembelajaran Kimia SMK

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 14 Agustus 2010
Belum lama ini saya menemukan link yang memuat modul pembelajaran kimia untuk siswa SMK bidang adaptif. Bukan barang baru, namun cukup untuk menambah refensi dan sekedar bahan bacaan buat yang memerlukan. Materinya cukup lengkap, meskipun modul ini disusun tahun 2004. Pada kurikulum baru kita bisa melakukan adaptasi dari modul tersebut untuk bisa dimanfaatkan oleh siswa di sekolah. Bukan hanya untuk siswa SMK, tapi juga siswa SMA kelas awal.

Kimia 12 – Kimia Unsur Membosankan?

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 12 Agustus 2010
Pokok bahasan kimia unsur kalau dibawakan secara monoton memang sangat menjemukan baik bagi siswa dan guru sendiri. Seperti tulisan Aceng Haetami dari hasil wawancaranya dengan beberapa guru dan siswa di Sulawesi Tenggara. Tentu kondisinya tidak akan jauh berbeda untuk daerah lain. Namun dengan perkembangan dan ketersediaan fasilitas koneksi internet kita dapat mengambil berbagai film/video dari youtube. Beberapa demontrasi tentu sangat menarik minat siswa. Ini, sekali lagi untuk mengatasi keterbatasan sarana laboratorium dan bahan-bahan kimia di sekolah. Namun jika semua tersedia tentu siswa bisa diberikan pembelajaran langsung dan nyata dan lebih mengesankan.

Kimia 12 – Redoks dan Elektrokimia

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 7 Agustus 2010
Kelemahan siswa di Indonesia kebanyakan adalah dalam penguasaan bahasa Inggris. Oleh karena itu para guru harus bisa menjembatani, setidaknya dalam pemanfaatan berbagai animasi, simulasi, powerpoint, video yang kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Kita tidak sanggup membuatnya sendiri, maka kita harus bisa memanfaatkan yang sudah tersedia secara gratis di internet.
Berbagai sumber website yg dapat dijadikan acuan dalam memahami konsep redoks dan elektrokimia antara lain dari:
Baca entri selengkapnya »

Berbagai Simulasi Eksperimen dan Animasi Kimia

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 7 Agustus 2010
Berikut merupakan kumpulan berbagai simulasi eksperimen dan animasi dari beberapa konsep kimia.  Silahkan download dari tautan dibagian bawah dari laman ini.  Bagi sekolah yang tidak memiliki laboratorium untuk praktikum kimia dapat menggunakan beberasa simulasi eksperimen yang tersedia. Animasi juga disediakan untuk memudahkan pemahaman siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak pada pelajaran kimia.
Kali ini saya ambil dari situs asal Departemen Kimia Universitas Negeri Iowa. Anda pun dapat mendownloadnya satu per satu simulasi dan animasinya dari link (tautan) tersebut.
Bahasannya antara lain:

Kimia SMA “Offline” dari Australia-e-Tute

Ditulis oleh Urip.WP.Com di/pada 31 Juli 2010
AUS-e-TUTE adalah sumber belajar interaktif yang dikembangkan oleh para guru ilmu pengetahuan yang berpengalaman untuk memberikan tutorial gratis yang cocok untuk siswa SMA.
Dalam tutorial AUS-e-TUTE sebuah konsep ilmiah tertentu ditulis dengan bahasa yg mudah untuk dipahami oleh siswa SMA.
Sebenarnya tiap halaman memiliki link ke tutorial kegiatan belajar (yg berupa game), tes, ujian atau latihan, namun hanya tersedia bagi anggota AUS-e-TUTE . Penyelesaian terhadap bentuk soal juga disediakan jika kita mendaftar jadi anggotanya.
Bagi kita yg tidak menjadi anggota harus puas untuk sekedar dapat mengakses sumber pembelajaran yg disediakan gratis. Dan saya telah mendownload seluruh halaman web yg disediakan dan dapat diakses gratis itu dengan menggunkan HTTRACK.

Penulis : Ismail arief ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Arsip untuk ‘Pelajaran Kimia’ Kategori ini dipublish oleh Ismail arief pada hari Minggu, 29 Agustus 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Arsip untuk ‘Pelajaran Kimia’ Kategori
 

0 komentar:

Posting Komentar

About

free counters

chat with me

widged

Powered By Blogger